Sang Ibu…

Empat tahun yang lalu, kecelakaan telah merenggut orang yang kukasihi, sering aku bertanya-tanya, bagaimana keadaan istriku sekarang di alam surgawi, baik-baik sajakah? Dia pasti sangat sedih karena sudah meninggalkan sorang suami yang tidak mampu mengurus rumah dan seorang anak yang masih begitu kecil. Begitulah yang kurasakan,karena selama ini aku merasa bahwa aku telah gagal, tidak bisa memenuhi kebutuhan jasmani dan rohani anakku, dan gagal untuk menjadi ayah dan ibu untuk anakku.

Suatu hari, ada urusan penting di tempat kerja, aku harus segera berangkat ke kantor, anakku masih tertidur. Ohhh aku harus menyediakan makan untuknya.

Karena masih ada sisa sedikit nasi, jadi aku menggoreng telur untuk dia makan. Setelah memberitahu anakku yang masih mengantuk, kemudian aku bergegas

berangkat ke tempat kerja. Peran ganda yang kujalani, membuat energiku benar-benar terkuras. Suatu hari ketika aku pulang kerja aku merasa sangat lelah, setelah bekerja sepanjang hari. Hanya sekilas aku memeluk dan mencium anakku, aku langsung masuk ke kamar tidur, dan melewatkan makan malam.

Namun, ketika aku merebahkan badan ke tempat tidur dengan maksud untuk tidur sejenak menghilangkan kepenatan, tiba-tiba aku merasa ada sesuatu yang pecah dan tumpah seperti cairan hangat! Aku membuka selimut dan….. di sanalah sumber ‘masalah’nya … sebuah mangkuk yang pecah dengan mie instan yang berantakan di seprai dan selimut!

Oh…Tuhan! Aku begitu marah, aku mengambil gantungan pakaian dan langsung menghujani anakku yang sedang gembira bermain dengan mainannya, dengan pukulan-pukulan! Dia hanya menangis, sedikitpun tidak meminta belas kasihan, dia hanya memberi penjelasan singkat:

“Ayah, tadi aku merasa lapar dan tidak ada lagi sisa nasi. Tapi ayah belum pulang, jadi aku ingin memasak mie instan. Aku ingat, ayah pernah mengatakan untuk tidak menyentuh atau menggunakan kompor gas tanpa ada orang dewasa di sekitar, maka aku menyalakan mesin air minum ini dan menggunakan air panas untuk memasak mie. Satu untuk ayah dan yang satu lagi untuk saya . Karena aku takut mie’nya akan menjadi dingin, jadi aku menyimpannya di bawah selimut supaya tetap hangat sampai ayah pulang. Tapi aku lupa untuk mengingatkan ayah karena aku sedang bermain dengan mainanku, aku minta maaf,ayah … “

Seketika, air mata mulai mengalir di pipiku, tetapi, aku tidak ingin anakku melihat ayahnya menangis maka aku berlari ke kamar mandi dan menangis dengan menyalakan shower di kamar mandi untuk menutupi suara tangisku. Setelah beberapa lama, aku hampiri anakku, kupeluknya dengan erat dan memberikan obat kepadanya atas luka bekas pukulan dipantatnya, lalu aku membujuknya untuk tidur. Kemudian aku membersihkan kotoran tumpahan mie di tempat tidur.

Ketika semuanya sudah selesai dan lewat tengah malam, aku melewati kamar anakku, dan melihat anakku masih menangis, bukan karena rasa sakit di pantatnya, tapi karena dia sedang melihat foto ibu yang dikasihinya.

Satu tahun berlalu sejak kejadian itu, aku mencoba, dalam periode ini, untuk memusatkan perhatian dengan memberinya kasih sayang seorang ayah dan juga kasih sayang seorang ibu, serta memperhatikan semua kebutuhannya. Tanpa terasa, anakku sudah berumur tujuh tahun, dan akan lulus dari Taman Kanak-kanak. Untungnya, insiden yang terjadi tidak meninggalkan kenangan buruk di masa kecilnya dan dia sudah tumbuh dewasa dengan bahagia.

Namun, belum lama, aku sudah memukul anakku lagi, saya benar-benar menyesal. Guru Taman Kanak-kanaknya memanggilku dan memberitahukan bahwa anak saya absen dari sekolah. Aku pulang kerumah lebih awal dari kantor, aku berharap dia bisa menjelaskan. Tapi ia tidak ada dirumah, aku pergi mencari di sekitar rumah kami, memangil-manggil namanya dan akhirnya menemukan dirinya di sebuah toko alat tulis, sedang bermain komputer game dengan gembira. Aku marah, membawanya pulang dan menghujaninya dengan pukulan-pukulan. Dia diam saja lalu mengatakan,

“Aku minta maaf, ayah“.

Selang beberapa lama aku selidiki, ternyata ia absen dari acara “pertunjukan bakat” yang diadakan oleh sekolah, karena yg diundang adalah siswa dengan ibunya. Dan itulah alasan ketidakhadirannya karena ia tidak punya ibu.

Beberapa hari setelah penghukuman dengan pukulan rotan, anakku pulang ke rumah memberitahuku, bahwa disekolahnya mulai diajarkan cara membaca dan menulis. Sejak saat itu, anakku lebih banyak mengurung diri di kamarnya untuk berlatih menulis,aku yakin , jika istriku masih ada dan melihatnya ia akan merasa bangga, tentu saja dia membuat saya bangga juga!

Waktu berlalu dengan begitu cepat, satu tahun telah lewat. Tapi astaga, anakku membuat masalah lagi. Ketika aku sedang menyelasaikan pekerjaan di hari-hari terakhir kerja, tiba-tiba kantor pos menelpon. Karena pengiriman surat sedang mengalami puncaknya, tukang pos juga sedang sibuk-sibuknya, suasana hati mereka pun jadi kurang bagus. Mereka menelponku dengan marah-marah, untuk memberitahu bahwa anakku telah mengirim beberapa surat tanpa alamat. Walaupun aku sudah berjanji untuk tidak pernah memukul anakku lagi, tetapi aku tidak bisa menahan diri untuk tidak memukulnya lagi, karena aku merasa bahwa anak ini sudah benar-benar keterlaluan. Tapi sekali lagi, seperti sebelumnya, dia meminta maaf :

“Maaf, ayah”. Tidak ada tambahan satu kata pun untuk menjelaskan alasannya melakukan itu.

Setelah itu saya pergi ke kantor pos untuk mengambil surat-surat tanpa alamat tersebut lalu pulang. Sesampai di rumah, dengan marah aku mendorong anakku ke sudut mempertanyakan kepadanya, perbuatan konyol apalagi ini? Apa yang ada dikepalanya?

Jawabannya, di tengah isak-tangisnya, adalah : “Surat-surat itu untuk ibu…..”. Tiba-tiba mataku berkaca-kaca. …. tapi aku mencoba mengendalikan emosi dan terus bertanya kepadanya: “Tapi kenapa kamu memposkan begitu banyak surat-surat, pada waktu yg sama?”

Jawaban anakku itu : “Aku telah menulis surat buat ibu untuk waktu yang lama, tapi setiap kali aku mau menjangkau kotak pos itu, terlalu tinggi bagiku, sehingga aku tidak dapat memposkan surat-suratku. Tapi baru-baru ini, ketika aku kembali ke kotak pos, aku bisa mencapai kotak itu dan aku mengirimkannya sekaligus”. Setelah mendengar penjelasannya ini, aku kehilangan kata-kata, aku bingung,

tidak tahu apa yang harus aku lakukan, dan apa yang harus aku katakan. Aku bilang pada anakku, “Nak, ibu sudah berada di surga, jadi untuk

selanjutnya, jika kamu hendak menuliskan sesuatu untuk ibu, cukup dengan membakar surat tersebut maka surat akan sampai kepada mommy. Setelah mendengar hal ini, anakku jadi lebih tenang, dan segera setelah itu, ia bisa tidur dengan nyenyak. Aku berjanji akan membakar surat-surat atas namanya, jadi saya membawa surat-surat tersebut ke luar, tapi…. aku jadi penasaran untuk tidak membuka surat tersebut sebelum mereka berubah menjadi abu.

Dan salah satu dari isi surat-suratnya membuat hati saya hancur yang isinya:

‘ibu sayang’, Aku sangat merindukanmu! Hari ini, ada sebuah acara ‘Pertunjukan Bakat’ di sekolah, dan mengundang semua ibu untuk hadir di pertunjukan tersebut. Tapi kamu tidak ada, jadi aku tidak ingin menghadirinya juga. Aku tidak memberitahu ayah tentang hal ini karena aku takut ayah akan mulai menangis dan merindukanmu lagi. Saat itu untuk menyembunyikan kesedihan, aku duduk di depan komputer dan mulai bermain game di salah satu toko. Ayah keliling-keliling mencariku, setelah menemukanku ayah marah, dan aku hanya bisa diam, ayah memukul aku, tetapi aku tidak menceritakan alasan yang sebenarnya.

Ibu, setiap hari aku melihat ayah merindukanmu, setiap kali dia teringat padamu, ia begitu sedih dan sering bersembunyi dan menangis di kamarnya. Aku pikir kita berdua amat sangat merindukanmu. Terlalu berat untuk kita berdua. Tapi bu, aku mulai melupakan wajahmu. Bisakah ibu muncul dalam mimpiku sehingga aku dapat melihat wajahmu dan ingat kamu? Temanku bilang jika kau tertidur dengan foto orang yang kamu rindukan, maka kamu akan melihat orang tersebut dalam mimpimu. Tapi ibu, mengapa engkau tak pernah muncul ?

Setelah membaca surat itu, tangisku tidak bisa berhenti karena aku tidak pernah bisa menggantikan kesenjangan yang tak dapat digantikan semenjak ditinggalkan oleh istriku

Note : Untuk para suami dan laki-laki, yang telah dianugerahi seorang istri/pasangan yang baik, yang penuh kasih terhadap anak-anakmu selalu berterima-kasihlah setiap hari pada istrimu. Dia telah rela menghabiskan sisa umurnya untuk menemani hidupmu, membantumu, mendukungmu, memanjakanmu dan selalu setia menunggumu, menjaga dan menyayangi dirimu dan anak-anakmu. Hargailah keberadaannya, kasihilah dan cintailah dia sepanjang hidupmu

dengan segala kekurangan dan kelebihannya, karena apabila engkau telah kehilangan dia, tidak ada emas permata, intan berlian yang bisa menggantikannya

Tulis balasan…
 
Iklan

Pangsa Pasar

Perdagangan atau perniagaan adalah kegiatan tukar menukar barang atau jasa atau keduanya. Pada masa awal sebelum uang ditemukan, tukar menukar barang dinamakan barter yaitu menukar barang dengan barang. Pada masa modern perdagangan dilakukan dengan penukaran  uang. Setiap barang dinilai dengan sejumlah uang. Pembeli akan menukar barang atau jasa dengan sejumlah uang yang diinginkan penjual.

Perdagangan yang sering juga disebut dengan julan ini pernah saya jalani saat SD (Sekolah Dasar). waktu itu lagi buming-bumingnya ngumpulin orgy & kertas file bergambar…Gambar-gambar menarik pun bermunculan, dari gambar-gambar tokoh kartun hingga gambar artist yang membuat pembeli tertarik. Perniagaan ini sering saya lakukan dengan cara barter. Tidak hanya saya, tapi teman-teman yang lainpun sering barter kertas file ini untuk melengkapi koleksi kertas mereka. Memang bukan suatu hal yang menarik, tapi berawal dari sini kami belajar berniaga, melakukan tawar-menawar dan bersosialisasi.

Lama-kelamaan saya pun bosan mengoleksi kertas file ini, sehingga kertas file ini pun saya jual kembali kepada teman-teman saya. Karena sudah sangat lama sayapun tidak ingat berapa hasil yang dari penjualan kertas file tersebut.

Tahun demi tahun pun berlalu hingga tiba saatnya saya untuk meneruskan kuliah saya di ITB. Setelah lulus, maka sayapun ikut dalam acara outbond yng diadakan Seamolec sama seperti ospec yang dijalani mahasiswa baru pada umumnya. Pada saat outbond berlangsung, para mahasiswa diharuskan untuk menjulkan pulpen. Terserah bagaimana caranya yang penting pulpen tersebut dapat terjual dengan harga tinggi.

Sayapun mencari akal bagaimana agar pulpen yang cuma seharga Rp. 1.500 ini ada yang mau beli dengan harga tinggi pula. Terkadang, orang untuk membeli pulpen di warung yang harganya hanya sekitar Rp. 1.000 – Rp. 2.000 aja suka males, pikirnya pasti mendingan minjem aja sama yang lain. Eh, ini malah di suruh beli pulpen yang harganya mahal. OGAH BANGET DAH…!!!

Tapi emang enggak semua orang berfikir kaya gia gitu, dan masih ada lho orang-orang baik diluar sana yang bersedia menyumbangkan uang mereka. Tergantung pinter-pinternya ngomong untuk meyakinkan mereka aja.

Jadi saat disuruh untuk jualan pulpen, saya berjalan menyusuri rumah-rumah penduduk yang bermukim di sekitar seamolec yang kira-kira bisa dijadikan sasaran penjualan pulpen mahal ini. Saat itu saya bertemu dengan nenek baik hati yang bersedia membeli pulpen dengan harga Rp. 20.000. Nenek yang sangat kuat, sudah berusia 80 tahun lebih tapi masih sehat wal’afiat. Mungkin Tuhan memberkahi hidupnya karena kebaikan hatinya. Maka dari itu kita juga harus mencontoh nenek baik hati tersebut kalo mau panjang umur dan sehat selalu hingga tua. 🙂

Karena diberi waktu hanya 1 jam untuk berjualan pulpen, maka saya pun langsung bergegas pergi untuk mencari sasaran penjualan (pangsa pasar) baru yang mau membeli pulpen mahal ini. Dari kejauhan, saya melihat lelaki paruh baya yang beru keluar dari mobil, dan langsung terlintas dipikran saya “hmmm, sasaran empuk nih kayanya”. Dengan senyum bisnis, sayapun mendekati lelaki paruh baya tersebut. Kemudian saya kembali melancarkan aksi, yaitu berjualan pulpen dan berakhir dengan penjualan Rp. 10.000.

Waktu menunjukan bahwa 15menit lagi tepat 1 jam (alias udah 45 menit berjalan) berakhirlah saat-saat untuk berjualan dan pulpen juga sudah terjual habis maka saya pun kembali ke Seamolec. yippiiiiy…………..

 

copyright©hauliarifi

Handphone with Java (tugas 2)

Buat class Handphone yang berisi empat method:

  • hidupkan()
  • lakukanPanggilan()
  • kirimSMS()
  • matikan()

Buat class HandphoneBeraksi, dan panggil method-method diatas dalam class tersebut
“Isi masing-masing method dengan tampilan status menggunakan System.out.println()”

for class Handphone

public class Handphone {
String Hidupkan, LakukanPanggilan, KirimSMS, Matikan;

void panggil(){
System.out.println(Hidupkan);
System.out.println(LakukanPanggilan);
System.out.println(KirimSMS);
System.out.println(Matikan);
}
}

for class HandphoneBeraksi

4 Perkara yang Menghapus Dosa

Jangan lupa membagikan artikel ini setelah membacanya

Ibnu Taimiyah rahimahullah memberikan pelajaran amat bagus tentang apa saja amalan yang bisa menghapuskan dosa.
Penjelasan tersebut begitu ringkas dan sederhana yang semoga dapat menyentuh hati kita sehingga tidak terus berlarut dalam kubangan dosa.
Abul ‘Abbas Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata, Dosa dapat terhapus dengan beberapa hal yaitu:

Pertama: Taubat.

Kedua: Istighfar yang tidak tercakup dalam taubat. Sesungguhnya Allah mengampuni dan mengijabahi do’a hamba-Nya walaupun ia hanya beristihfar tanpa menyertakan taubat di dalamnya. Namun jika taubat disertai dengan istighfar, maka itu lebih sempurna.

Ketiga: Amalan sholih yang menghapuskan dosa. Amalan yang lebih bermanfaat adalah amalan yang sifatnya umum maupun khusus (dalam menghapuskan suatu dosa). Pengampunan dosa di sini diperoleh jika seseorang mengikutkan kejelekan dengan kebaikan. Yang dimaksud hasanaat (kebaikan) adalah sesuatu yang dianjurkan oleh Allah melalui lisan Nabi-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam berupa perbuatan, akhlaq dan sifat.

Keempat: Musibah sebagai penghapus dosa. Musibah adalah segala sesuatu yang terasa menyakitkan berupa rasa gelisah, sedih dan rasa sakit yang menimpa harta, kehormatan, jasad atau yang lainnya. Namun musibah ini datang bukan atas kehendak hamba.

Semoga jadi pelajaran berharga.

 

Penulis : Muhammad Abduh Tuasikal
Sumber : rumaysho.com

UTS Project Translate Indonesia – Java – English with GUI Java

 Menurut penelitian ternyata terdapat banyak Negara di dunia ini yang beberapa penduduknya mampu dan bahkan menggunakan bahasa Jawa dalam kesehariannya. Untuk itu, maka dibutuhkan sebuah kamus yang dapat digunakan bagi penduduk tersebut agar dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Pada pembuatan aplikasi kamus ini menggunakan bahasa pemprograman JAVA agar dapat menampilkan hasil proses input dan output. Pengujian sampai sebatas keakuratan program kamus. Dari pengujian dikatakan sukses apabila output yang dihasikan menampilkan data yang akurat seperti yang dimaksudkan pada input dan telah sesuai dengan teori.


Gambar untuk memilih kata yang akan diterjemahkan


Gambar hasil terjemah

untuk menampilkan data pada aplikasi maka aplikasi harus dikoneksikan dengan database kamus terlebih dahulu. sehingga kata yang dicari dapat diterjemahkan ke dalambahasa yang diinginkan. dibawah ini adalah source code untuk memunculkan tampilan aplikasi

import java.sql.*;
import java.util.logging.Level;
import java.util.logging.Logger;
import javax.swing.*;

public class Translate extends javax.swing.JFrame {
public Translate() {
super(“Kelompok 10”);
initComponents();
}

@SuppressWarnings(“unchecked”)
// <editor-fold defaultstate=”collapsed” desc=”Generated Code”>
private void initComponents() {

jPanel1 = new javax.swing.JPanel();
jLabel1 = new javax.swing.JLabel();
jLabel2 = new javax.swing.JLabel();
jLabel3 = new javax.swing.JLabel();
kamus = new javax.swing.JComboBox();
hasil1 = new javax.swing.JTextField();
search = new javax.swing.JButton();
exit = new javax.swing.JButton();
reset = new javax.swing.JButton();
jButton1 = new javax.swing.JButton();
jTextField1 = new javax.swing.JTextField();
hasil2 = new javax.swing.JTextField();
jLabel4 = new javax.swing.JLabel();
jLabel5 = new javax.swing.JLabel();
jLabel6 = new javax.swing.JLabel();
jLabel7 = new javax.swing.JLabel();
jLabel8 = new javax.swing.JLabel();
jLabel9 = new javax.swing.JLabel();
input = new javax.swing.JTextField();
jLabel10 = new javax.swing.JLabel();

setDefaultCloseOperation(javax.swing.WindowConstants.EXIT_ON_CLOSE);
setBounds(new java.awt.Rectangle(520, 240, 0, 0));

jPanel1.setName(“jPanel1”); // NOI18N

jLabel1.setFont(new java.awt.Font(“Tahoma”, 1, 18));
jLabel1.setText(“Project Translate for UTS”);
jLabel1.setName(“jLabel1”); // NOI18N

jLabel2.setFont(new java.awt.Font(“Tahoma”, 1, 12));
jLabel2.setText(“10th Group of 5th Batch ITB-SEAMOLEC”);
jLabel2.setName(“jLabel2”); // NOI18N

jLabel3.setText(“Dictionary”);
jLabel3.setName(“jLabel3”); // NOI18N

kamus.setModel(new javax.swing.DefaultComboBoxModel(new String[] { “Indonesia – Java”, “Java – Indonesia”, “English – Java”, “Java – English”, “English – Indonesia”, “Indonesia – English” }));
kamus.setName(“kamus”); // NOI18N
kamus.addActionListener(new java.awt.event.ActionListener() {
public void actionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
kamusActionPerformed(evt);
}
});

hasil1.setName(“hasil1”); // NOI18N

search.setText(“Search”);
search.setName(“search”); // NOI18N
search.addActionListener(new java.awt.event.ActionListener() {
public void actionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
searchActionPerformed(evt);
}
});

exit.setText(“Exit”);
exit.setName(“exit”); // NOI18N
exit.addActionListener(new java.awt.event.ActionListener() {
public void actionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
exitActionPerformed(evt);
}
});

reset.setText(“Reset”);
reset.setName(“reset”); // NOI18N
reset.addActionListener(new java.awt.event.ActionListener() {
public void actionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
resetActionPerformed(evt);
}
});

jButton1.setText(“Add Words”);
jButton1.setName(“jButton1”); // NOI18N
jButton1.addActionListener(new java.awt.event.ActionListener() {
public void actionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
jButton1ActionPerformed(evt);
}
});

jTextField1.setFont(new java.awt.Font(“Hanacaraka”, 0, 12));
jTextField1.setName(“jTextField1”); // NOI18N

hasil2.setName(“hasil2”); // NOI18N

jLabel4.setText(“Result 1”);
jLabel4.setName(“jLabel4”); // NOI18N

jLabel5.setText(“:”);
jLabel5.setName(“jLabel5”); // NOI18N

jLabel6.setText(“Result 2”);
jLabel6.setName(“jLabel6”); // NOI18N

jLabel7.setText(“:”);
jLabel7.setName(“jLabel7”); // NOI18N

jLabel8.setText(“Result 3”);
jLabel8.setName(“jLabel8”); // NOI18N

jLabel9.setText(“:”);
jLabel9.setName(“jLabel9”); // NOI18N

input.setName(“input”); // NOI18N

jLabel10.setText(“Insert Word    :”);
jLabel10.setName(“jLabel10”); // NOI18N

javax.swing.GroupLayout jPanel1Layout = new javax.swing.GroupLayout(jPanel1);
jPanel1.setLayout(jPanel1Layout);
jPanel1Layout.setHorizontalGroup(
jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(jPanel1Layout.createSequentialGroup()
.addContainerGap()
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addComponent(jLabel2, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, 249, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE)
.addComponent(jLabel1, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, 326, Short.MAX_VALUE)
.addGroup(jPanel1Layout.createSequentialGroup()
.addComponent(jLabel3, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, 62, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE)
.addPreferredGap(javax.swing.LayoutStyle.ComponentPlacement.RELATED)
.addComponent(kamus, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, 240, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE))
.addGroup(jPanel1Layout.createSequentialGroup()
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(jPanel1Layout.createSequentialGroup()
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.TRAILING)
.addComponent(jButton1, javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(jPanel1Layout.createSequentialGroup()
.addComponent(jLabel4, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, 53, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE)
.addPreferredGap(javax.swing.LayoutStyle.ComponentPlacement.RELATED, 18, Short.MAX_VALUE)
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addComponent(jLabel7)
.addComponent(jLabel5, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, 14, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE)
.addComponent(jLabel9))))
.addGap(10, 10, 10))
.addGroup(jPanel1Layout.createSequentialGroup()
.addComponent(jLabel6)
.addPreferredGap(javax.swing.LayoutStyle.ComponentPlacement.RELATED)))
.addGroup(jPanel1Layout.createSequentialGroup()
.addComponent(jLabel8)
.addPreferredGap(javax.swing.LayoutStyle.ComponentPlacement.RELATED)))
.addGroup(jPanel1Layout.createSequentialGroup()
.addComponent(jLabel10)
.addPreferredGap(javax.swing.LayoutStyle.ComponentPlacement.RELATED)))
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(jPanel1Layout.createSequentialGroup()
.addComponent(reset)
.addPreferredGap(javax.swing.LayoutStyle.ComponentPlacement.RELATED, 69, Short.MAX_VALUE)
.addComponent(exit, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, 63, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE))
.addComponent(hasil2, javax.swing.GroupLayout.Alignment.TRAILING, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, 193, Short.MAX_VALUE)
.addComponent(hasil1, javax.swing.GroupLayout.Alignment.TRAILING, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, 193, Short.MAX_VALUE)
.addComponent(jTextField1, javax.swing.GroupLayout.Alignment.TRAILING, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, 193, Short.MAX_VALUE)
.addGroup(jPanel1Layout.createSequentialGroup()
.addComponent(input, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, 110, Short.MAX_VALUE)
.addGap(18, 18, 18)
.addComponent(search)))
.addGap(38, 38, 38)))
.addContainerGap())
);
jPanel1Layout.setVerticalGroup(
jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(jPanel1Layout.createSequentialGroup()
.addContainerGap()
.addComponent(jLabel1)
.addGap(3, 3, 3)
.addComponent(jLabel2)
.addGap(20, 20, 20)
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.BASELINE)
.addComponent(kamus, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE)
.addComponent(jLabel3))
.addGap(13, 13, 13)
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.BASELINE)
.addComponent(search)
.addComponent(input, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE)
.addComponent(jLabel10))
.addPreferredGap(javax.swing.LayoutStyle.ComponentPlacement.UNRELATED)
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.BASELINE)
.addComponent(hasil1, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE)
.addComponent(jLabel4)
.addComponent(jLabel5))
.addGap(18, 18, 18)
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.BASELINE)
.addComponent(hasil2, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE)
.addComponent(jLabel6)
.addComponent(jLabel7))
.addGap(18, 18, 18)
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.TRAILING)
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.BASELINE)
.addComponent(jTextField1, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE)
.addComponent(jLabel9))
.addComponent(jLabel8))
.addGap(54, 54, 54)
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.BASELINE)
.addComponent(jButton1)
.addComponent(reset)
.addComponent(exit))
.addContainerGap(11, Short.MAX_VALUE))
);

javax.swing.GroupLayout layout = new javax.swing.GroupLayout(getContentPane());
getContentPane().setLayout(layout);
layout.setHorizontalGroup(
layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.TRAILING, layout.createSequentialGroup()
.addContainerGap(javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, Short.MAX_VALUE)
.addComponent(jPanel1, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE)
.addContainerGap())
);
layout.setVerticalGroup(
layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(layout.createSequentialGroup()
.addContainerGap()
.addComponent(jPanel1, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE)
.addContainerGap(22, Short.MAX_VALUE))
);

pack();
}// </editor-fold>

private void kamusActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {

}

private void searchActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
int pilih;
pilih = kamus.getSelectedIndex();
if (pilih == 0){
try {
SearchJawa(input.getText());
} catch (Exception ex) {
Logger.getLogger(Translate.class.getName()).log(Level.SEVERE, null, ex);
}
} else if ( pilih == 1){
try {
SearchIndo(input.getText());
} catch (Exception ex) {
Logger.getLogger(Translate.class.getName()).log(Level.SEVERE, null, ex);
}
} else if ( pilih == 2 ){
try {
SearchEng(input.getText());
} catch (Exception ex) {
Logger.getLogger(Translate.class.getName()).log(Level.SEVERE, null, ex);
}
} else if ( pilih == 3 ){
try {
SearchJaEng(input.getText());
} catch (Exception ex) {
Logger.getLogger(Translate.class.getName()).log(Level.SEVERE, null, ex);
}
} else if ( pilih == 4 ){
try {
SearchEngIn(input.getText());
} catch (Exception ex) {
Logger.getLogger(Translate.class.getName()).log(Level.SEVERE, null, ex);
}
} else if ( pilih == 5 ){
try {
SearchInEng(input.getText());
} catch (Exception ex) {
Logger.getLogger(Translate.class.getName()).log(Level.SEVERE, null, ex);
}
}
}

public void SearchJawa(String t)throws Exception{
String url = “jdbc:odbc:kamus”;
Class.forName(“sun.jdbc.odbc.JdbcOdbcDriver”);
Connection con = DriverManager.getConnection(url);
System.out.println(con.getCatalog() + ” sukses!”);
try{
Statement stmt = con.createStatement();
String select=”SELECT * from kamuss WHERE indo=\'”+t+”\'”;
ResultSet rows = stmt.executeQuery(select);
while (rows.next()){
String indo=rows.getString(1);
String jawa=rows.getString(2);
String eng= rows.getString(3);
jLabel4.setText(“Java”);
jLabel6.setText(“English”);
jLabel8.setText(“Javanese”);
hasil1.setText(jawa);
hasil2.setText(eng);
jTextField1.setText(jawa);
stmt.close();
con.close();
}
}
catch (SQLException e){
System.out.println(e.getMessage());
}
}

public void SearchIndo(String t)throws Exception{
String url = “jdbc:odbc:kamus”;
Class.forName(“sun.jdbc.odbc.JdbcOdbcDriver”);
Connection con = DriverManager.getConnection(url);

try{
Statement stmt = con.createStatement();
String select=”SELECT * from kamuss WHERE jawa=\'”+t+”\'”;
ResultSet rows = stmt.executeQuery(select);
while (rows.next()){
String indo=rows.getString(1);
String jawa= rows.getString(2);
String eng= rows.getString(3);
jLabel4.setText(“Indonesia”);
jLabel6.setText(“English”);
jLabel8.setText(“Javanese”);
hasil1.setText(indo);
hasil2.setText(eng);
jTextField1.setText(jawa);

stmt.close();
con.close();
}
}
catch (SQLException e){
System.out.println(e.getMessage());
}
}

public void SearchEng(String t)throws Exception{
String url = “jdbc:odbc:kamus”;
Class.forName(“sun.jdbc.odbc.JdbcOdbcDriver”);
Connection con = DriverManager.getConnection(url);

try{
Statement stmt = con.createStatement();
String select=”SELECT * from kamuss WHERE eng=\'”+t+”\'”;
ResultSet rows = stmt.executeQuery(select);
while (rows.next()){
String indo=rows.getString(1);
String jawa= rows.getString(2);
String eng= rows.getString(3);
jLabel4.setText(“Java”);
jLabel6.setText(“Indonesia”);
jLabel8.setText(“Javanese”);
hasil1.setText(jawa);
hasil2.setText(indo);
jTextField1.setText(jawa);

stmt.close();
con.close();
}
}
catch (SQLException e){
System.out.println(e.getMessage());
}
}

public void SearchJaEng(String t)throws Exception{
String url = “jdbc:odbc:kamus”;
Class.forName(“sun.jdbc.odbc.JdbcOdbcDriver”);
Connection con = DriverManager.getConnection(url);

try{
Statement stmt = con.createStatement();
String select=”SELECT * from kamuss WHERE jawa=\'”+t+”\'”;
ResultSet rows = stmt.executeQuery(select);
while (rows.next()){
String indo=rows.getString(1);
String jawa= rows.getString(2);
String eng= rows.getString(3);
jLabel4.setText(“English”);
jLabel6.setText(“Indonesia”);
jLabel8.setText(“Javanese”);
hasil1.setText(eng);
hasil2.setText(indo);
jTextField1.setText(jawa);

stmt.close();
con.close();
}
}
catch (SQLException e){
System.out.println(e.getMessage());
}
}

public void SearchEngIn(String t)throws Exception{
String url = “jdbc:odbc:kamus”;
Class.forName(“sun.jdbc.odbc.JdbcOdbcDriver”);
Connection con = DriverManager.getConnection(url);

try{
Statement stmt = con.createStatement();
String select=”SELECT * from kamuss WHERE eng=\'”+t+”\'”;
ResultSet rows = stmt.executeQuery(select);
while (rows.next()){
String indo=rows.getString(1);
String jawa= rows.getString(2);
String eng= rows.getString(3);
jLabel4.setText(“Indonesia”);
jLabel6.setText(“Java”);
jLabel8.setText(“Javanese”);
hasil1.setText(indo);
hasil2.setText(jawa);
jTextField1.setText(jawa);

stmt.close();
con.close();
}
}
catch (SQLException e){
System.out.println(e.getMessage());
}
}

public void SearchInEng(String t)throws Exception{
String url = “jdbc:odbc:kamus”;
Class.forName(“sun.jdbc.odbc.JdbcOdbcDriver”);
Connection con = DriverManager.getConnection(url);

try{
Statement stmt = con.createStatement();
String select=”SELECT * from kamuss WHERE indo=\'”+t+”\'”;
ResultSet rows = stmt.executeQuery(select);
while (rows.next()){
String indo=rows.getString(1);
String jawa= rows.getString(2);
String eng= rows.getString(3);
jLabel4.setText(“English”);
jLabel6.setText(“Jawa”);
jLabel8.setText(“Javanese”);
hasil1.setText(eng);
hasil2.setText(jawa);
jTextField1.setText(jawa);

stmt.close();
con.close();
}
}
catch (SQLException e){
System.out.println(e.getMessage());
}
}

private void exitActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
int psn = JOptionPane.showConfirmDialog(null,”Anda yakin untuk keluar dari aplikasi?”);
if (psn==JOptionPane.OK_OPTION){
System.exit(1);
}else {}
}

private void resetActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
hasil1.setText(null);
input.setText(null);
hasil2.setText(null);
jTextField1.setText(null);
}

private void jButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
FormLogin n = new FormLogin();
n.show();
dispose();
}

public static void main(String args[]) {

java.awt.EventQueue.invokeLater(new Runnable() {

public void run() {
new Translate().setVisible(true);
}
});
}
// Variables declaration – do not modify
private javax.swing.JButton exit;
private javax.swing.JTextField hasil1;
private javax.swing.JTextField hasil2;
private javax.swing.JTextField input;
private javax.swing.JButton jButton1;
private javax.swing.JLabel jLabel1;
private javax.swing.JLabel jLabel10;
private javax.swing.JLabel jLabel2;
private javax.swing.JLabel jLabel3;
private javax.swing.JLabel jLabel4;
private javax.swing.JLabel jLabel5;
private javax.swing.JLabel jLabel6;
private javax.swing.JLabel jLabel7;
private javax.swing.JLabel jLabel8;
private javax.swing.JLabel jLabel9;
private javax.swing.JPanel jPanel1;
private javax.swing.JTextField jTextField1;
private javax.swing.JComboBox kamus;
private javax.swing.JButton reset;
private javax.swing.JButton search;
// End of variables declaration
}


Gambar tampilan awal project translate

import java.sql.*;
import java.util.logging.Level;
import java.util.logging.Logger;
import javax.swing.*;

public class Tmbh_kata extends javax.swing.JFrame {
public String h,i,j;

public Tmbh_kata() {
super(“Kelompok 10”);
initComponents();
}

@SuppressWarnings(“unchecked”)
// <editor-fold defaultstate=”collapsed” desc=”Generated Code”>
private void initComponents() {

jPanel1 = new javax.swing.JPanel();
jLabel1 = new javax.swing.JLabel();
jLabel2 = new javax.swing.JLabel();
jLabel3 = new javax.swing.JLabel();
jawa = new javax.swing.JTextField();
search = new javax.swing.JButton();
exit = new javax.swing.JButton();
reset = new javax.swing.JButton();
jLabel4 = new javax.swing.JLabel();
jLabel5 = new javax.swing.JLabel();
indo = new javax.swing.JTextField();
eng = new javax.swing.JTextField();
jLabel6 = new javax.swing.JLabel();
jButton1 = new javax.swing.JButton();

setDefaultCloseOperation(javax.swing.WindowConstants.EXIT_ON_CLOSE);
setBounds(new java.awt.Rectangle(500, 240, 0, 0));

jPanel1.setName(“jPanel1”); // NOI18N

jLabel1.setFont(new java.awt.Font(“Tahoma”, 1, 18));
jLabel1.setText(“Project Translate for UTS”);
jLabel1.setName(“jLabel1”); // NOI18N

jLabel2.setFont(new java.awt.Font(“Tahoma”, 1, 12));
jLabel2.setText(“10th Group of 5th Batch ITB-SEAMOLEC”);
jLabel2.setName(“jLabel2”); // NOI18N

jLabel3.setFont(new java.awt.Font(“Hanacaraka”, 0, 12)); // NOI18N
jLabel3.setText(“Insert Word”);
jLabel3.setName(“jLabel3”); // NOI18N

jawa.setName(“jawa”); // NOI18N

search.setText(“Add word”);
search.setName(“search”); // NOI18N
search.addActionListener(new java.awt.event.ActionListener() {
public void actionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
searchActionPerformed(evt);
}
});

exit.setText(“Exit”);
exit.setName(“exit”); // NOI18N
exit.addActionListener(new java.awt.event.ActionListener() {
public void actionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
exitActionPerformed(evt);
}
});

reset.setText(“Reset”);
reset.setName(“reset”); // NOI18N
reset.addActionListener(new java.awt.event.ActionListener() {
public void actionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
resetActionPerformed(evt);
}
});

jLabel4.setText(“Jawa            :”);
jLabel4.setName(“jLabel4”); // NOI18N

jLabel5.setText(“Indonesia     :”);
jLabel5.setName(“jLabel5”); // NOI18N

indo.setName(“indo”); // NOI18N

eng.setName(“eng”); // NOI18N

jLabel6.setText(“English         :”);
jLabel6.setName(“jLabel6”); // NOI18N

jButton1.setText(“Back to Translate”);
jButton1.setName(“jButton1”); // NOI18N
jButton1.addActionListener(new java.awt.event.ActionListener() {
public void actionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
jButton1ActionPerformed(evt);
}
});

javax.swing.GroupLayout jPanel1Layout = new javax.swing.GroupLayout(jPanel1);
jPanel1.setLayout(jPanel1Layout);
jPanel1Layout.setHorizontalGroup(
jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(jPanel1Layout.createSequentialGroup()
.addContainerGap()
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addComponent(jLabel2, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, 249, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE)
.addComponent(jLabel1, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, 316, Short.MAX_VALUE)
.addGroup(jPanel1Layout.createSequentialGroup()
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.TRAILING)
.addGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING, jPanel1Layout.createSequentialGroup()
.addComponent(jButton1)
.addGap(18, 18, 18)
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.TRAILING, jPanel1Layout.createSequentialGroup()
.addComponent(reset)
.addPreferredGap(javax.swing.LayoutStyle.ComponentPlacement.RELATED)
.addComponent(exit, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, 63, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE))
.addComponent(search, javax.swing.GroupLayout.Alignment.TRAILING)))
.addGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING, jPanel1Layout.createSequentialGroup()
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addComponent(jLabel4)
.addComponent(jLabel5)
.addComponent(jLabel6))
.addGap(18, 18, 18)
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addComponent(indo, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, 179, Short.MAX_VALUE)
.addComponent(jawa, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, 179, Short.MAX_VALUE)
.addComponent(eng, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, 179, Short.MAX_VALUE))))
.addGap(53, 53, 53))
.addComponent(jLabel3, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, 80, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE))
.addContainerGap())
);
jPanel1Layout.setVerticalGroup(
jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(jPanel1Layout.createSequentialGroup()
.addContainerGap()
.addComponent(jLabel1)
.addGap(3, 3, 3)
.addComponent(jLabel2)
.addGap(11, 11, 11)
.addComponent(jLabel3, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, 23, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE)
.addPreferredGap(javax.swing.LayoutStyle.ComponentPlacement.RELATED)
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.BASELINE)
.addComponent(jLabel4)
.addComponent(jawa, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE))
.addPreferredGap(javax.swing.LayoutStyle.ComponentPlacement.UNRELATED)
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.BASELINE)
.addComponent(jLabel5)
.addComponent(indo, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE))
.addGap(17, 17, 17)
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.BASELINE)
.addComponent(jLabel6)
.addComponent(eng, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE))
.addGap(18, 18, 18)
.addComponent(search)
.addGap(18, 18, 18)
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.BASELINE)
.addComponent(jButton1)
.addComponent(reset)
.addComponent(exit))
.addContainerGap(javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, Short.MAX_VALUE))
);

javax.swing.GroupLayout layout = new javax.swing.GroupLayout(getContentPane());
getContentPane().setLayout(layout);
layout.setHorizontalGroup(
layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(layout.createSequentialGroup()
.addContainerGap()
.addComponent(jPanel1, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, 320, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE)
.addContainerGap(javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, Short.MAX_VALUE))
);
layout.setVerticalGroup(
layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(layout.createSequentialGroup()
.addContainerGap()
.addComponent(jPanel1, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE)
.addContainerGap(javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, Short.MAX_VALUE))
);

pack();
}// </editor-fold>

private void searchActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
//int pilih;
//  pilih = kamus.getSelectedIndex();
//if (pilih == 0){
h=indo.getText();
i=jawa.getText();
j=eng.getText();
try {
AddWord1(h,i,j);
} catch (Exception ex) {
Logger.getLogger(Tmbh_kata.class.getName()).log(Level.SEVERE, null, ex);
//  }
//} else if ( pilih == 1){
//      h=jawa.getText();
//    i=artijawa.getText();
//  try {
//    AddWord2(h,i);
// } catch (Exception ex) {
//   Logger.getLogger(tmbh_kata.class.getName()).log(Level.SEVERE, null, ex);
//}
}
}

public void AddWord1(String t,String l, String n)throws Exception{
String url = “jdbc:odbc:kamus”;
System.out.println(“Dilakukan koneksi ke ” + url);
System.out.println(“Meload driver ODBC”);
Class.forName(“sun.jdbc.odbc.JdbcOdbcDriver”);
System.out.println(“Melakukan Koneksi database…”);
Connection con = DriverManager.getConnection(url);
System.out.println(con.getCatalog() + ” sukses!”);

try{
Statement stmt = con.createStatement();
String insert=”INSERT INTO kamuss VALUES (\'”+h+”\’,\'”+i+”\’,\'”+j+”\’)”;
int sql = stmt.executeUpdate(insert);
stmt.close();
con.close();
System.out.println(insert);
System.out.println(sql);
}
catch (SQLException e){
System.out.println(e.getMessage());
}
}

private void exitActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
int psn = JOptionPane.showConfirmDialog(null,”Anda yakin untuk keluar dari aplikasi?”);
if (psn==JOptionPane.OK_OPTION){
System.exit(1);
}else {}
}

private void resetActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
jawa.setText(null);
indo.setText(null);
eng.setText(null);
}

private void jButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
Translate n = new Translate();
n.show();
dispose();
}

public static void main(String args[]) {

java.awt.EventQueue.invokeLater(new Runnable() {

public void run() {
new Tmbh_kata().setVisible(true);
}
});
}
// Variables declaration – do not modify
private javax.swing.JTextField eng;
private javax.swing.JButton exit;
private javax.swing.JTextField indo;
private javax.swing.JButton jButton1;
private javax.swing.JLabel jLabel1;
private javax.swing.JLabel jLabel2;
private javax.swing.JLabel jLabel3;
private javax.swing.JLabel jLabel4;
private javax.swing.JLabel jLabel5;
private javax.swing.JLabel jLabel6;
private javax.swing.JPanel jPanel1;
private javax.swing.JTextField jawa;
private javax.swing.JButton reset;
private javax.swing.JButton search;
// End of variables declaration
}


Gambar tampilan untuk menambahkan kosa kata

 

public class FormLogin extends javax.swing.JFrame {
/** Creates new form FormLogin */
public FormLogin() {
super(“Login”);
initComponents();
}

/** This method is called from within the constructor to
* initialize the form.
* WARNING: Do NOT modify this code. The content of this method is
* always regenerated by the Form Editor.
*/
@SuppressWarnings(“unchecked”)
// <editor-fold defaultstate=”collapsed” desc=”Generated Code”>
private void initComponents() {

jLabel2 = new javax.swing.JLabel();
jLabel1 = new javax.swing.JLabel();
jLabel3 = new javax.swing.JLabel();
jTextField1 = new javax.swing.JTextField();
jButton1 = new javax.swing.JButton();
jPasswordField1 = new javax.swing.JPasswordField();

jLabel2.setText(“jLabel2”);
jLabel2.setName(“jLabel2”); // NOI18N

setDefaultCloseOperation(javax.swing.WindowConstants.EXIT_ON_CLOSE);
setBounds(new java.awt.Rectangle(570, 280, 0, 0));

jLabel1.setText(“Username     :”);
jLabel1.setName(“jLabel1”); // NOI18N

jLabel3.setText(“Password      :”);
jLabel3.setName(“jLabel3”); // NOI18N

jTextField1.setName(“jTextField1”); // NOI18N

jButton1.setText(“Login”);
jButton1.setName(“jButton1”); // NOI18N
jButton1.addActionListener(new java.awt.event.ActionListener() {
public void actionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
jButton1ActionPerformed(evt);
}
});

jPasswordField1.setName(“jPasswordField1”); // NOI18N

javax.swing.GroupLayout layout = new javax.swing.GroupLayout(getContentPane());
getContentPane().setLayout(layout);
layout.setHorizontalGroup(
layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(layout.createSequentialGroup()
.addContainerGap()
.addGroup(layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.TRAILING)
.addComponent(jButton1)
.addGroup(layout.createSequentialGroup()
.addGroup(layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING, false)
.addGroup(layout.createSequentialGroup()
.addComponent(jLabel3)
.addGap(18, 18, 18)
.addComponent(jPasswordField1, 0, 0, Short.MAX_VALUE))
.addGroup(layout.createSequentialGroup()
.addComponent(jLabel1)
.addGap(18, 18, 18)
.addComponent(jTextField1, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, 99, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE)))
.addGap(13, 13, 13)))
.addContainerGap(javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, Short.MAX_VALUE))
);
layout.setVerticalGroup(
layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(layout.createSequentialGroup()
.addContainerGap()
.addGroup(layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.BASELINE)
.addComponent(jLabel1)
.addComponent(jTextField1, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE))
.addGap(18, 18, 18)
.addGroup(layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.BASELINE)
.addComponent(jLabel3)
.addComponent(jPasswordField1, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE))
.addGap(24, 24, 24)
.addComponent(jButton1)
.addContainerGap(javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, Short.MAX_VALUE))
);

pack();
}// </editor-fold>

private void jButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
if (jTextField1.getText().equals(“admin”) && jPasswordField1.getText().equals(“cakep”)) {
Tmbh_kata n = new Tmbh_kata();
n.show();
dispose();
}
}

/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String args[]) {
/* Set the Nimbus look and feel */
//<editor-fold defaultstate=”collapsed” desc=” Look and feel setting code (optional) “>
/* If Nimbus (introduced in Java SE 6) is not available, stay with the default look and feel.
* For details see http://download.oracle.com/javase/tutorial/uiswing/lookandfeel/plaf.html
*/
try {
for (javax.swing.UIManager.LookAndFeelInfo info : javax.swing.UIManager.getInstalledLookAndFeels()) {
if (“Nimbus”.equals(info.getName())) {
javax.swing.UIManager.setLookAndFeel(info.getClassName());
break;
}
}
} catch (ClassNotFoundException ex) {
java.util.logging.Logger.getLogger(FormLogin.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE, null, ex);
} catch (InstantiationException ex) {
java.util.logging.Logger.getLogger(FormLogin.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE, null, ex);
} catch (IllegalAccessException ex) {
java.util.logging.Logger.getLogger(FormLogin.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE, null, ex);
} catch (javax.swing.UnsupportedLookAndFeelException ex) {
java.util.logging.Logger.getLogger(FormLogin.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE, null, ex);
}
//</editor-fold>

/* Create and display the form */
java.awt.EventQueue.invokeLater(new Runnable() {

public void run() {
new FormLogin().setVisible(true);
}
});
}
// Variables declaration – do not modify
private javax.swing.JButton jButton1;
private javax.swing.JLabel jLabel1;
private javax.swing.JLabel jLabel2;
private javax.swing.JLabel jLabel3;
private javax.swing.JPasswordField jPasswordField1;
private javax.swing.JTextField jTextField1;
// End of variables declaration
}


Gambar tampilan login

copyright by hauliarifi

Tentang Ayah……….

Biasanya, bagi seorang anak perempuan yang sudah dewasa, yang sedang bekerja diperantauan, yang ikut suaminya merantau di luar kota atau luar negeri, yang sedang bersekolah atau kuliah jauh dari kedua orang tuanya…..

Akan sering merasa kangen sekali dengan Mamanya.
Lalu bagaimana dengan Papa?

Mungkin karena Mama lebih sering menelepon untuk menanyakan keadaanmu setiap hari,
tapi tahukah kamu, jika ternyata Papa-lah yang mengingatkan Mama untuk menelponmu?

Mungkin dulu sewaktu kamu kecil, Mama-lah yang lebih sering mengajakmu bercerita atau berdongeng,
tapi tahukah kamu, bahwa sepulang Papa bekerja dan dengan wajah lelah Papa selalu menanyakan pada Mama tentang kabarmu dan apa yang kau lakukan seharian?

Pada saat dirimu masih seorang anak perempuan kecil……
Papa biasanya mengajari putri kecilnya naik sepeda.
Dan setelah Papa mengganggapmu bisa, Papa akan melepaskan roda bantu di sepedamu…
Kemudian Mama bilang : “Jangan dulu Papa, jangan dilepas dulu roda bantunya” ,
Mama takut putri manisnya terjatuh lalu terluka….
Tapi sadarkah kamu?
Bahwa Papa dengan yakin akan membiarkanmu, menatapmu, dan menjagamu mengayuh sepeda dengan seksama karena dia tahu putri kecilnya PASTI BISA.

Pada saat kamu menangis merengek meminta boneka atau mainan yang baru, Mama menatapmu iba.
Tetapi Papa akan mengatakan dengan tegas : “Boleh, kita beli nanti, tapi tidak sekarang”
Tahukah kamu, Papa melakukan itu karena Papa tidak ingin kamu menjadi anak yang manja dengan semua tuntutan yang selalu dapat dipenuhi?

Saat kamu sakit pilek, Papa yang terlalu khawatir sampai kadang sedikit membentak dengan berkata :
“Sudah di bilang! kamu jangan minum air dingin!”.
Berbeda dengan Mama yang memperhatikan dan menasihatimu dengan lembut.
Ketahuilah, saat itu Papa benar-benar mengkhawatirkan keadaanmu.

Ketika kamu sudah beranjak remaja….
Kamu mulai menuntut pada Papa untuk dapat izin keluar malam, dan Papa bersikap tegas dan mengatakan: “Tidak boleh!”.
Tahukah kamu, bahwa Papa melakukan itu untuk menjagamu?
Karena bagi Papa, kamu adalah sesuatu yang sangat – sangat luar biasa berharga..
Setelah itu kamu marah pada Papa, dan masuk ke kamar sambil membanting pintu…
Dan yang datang mengetok pintu dan membujukmu agar tidak marah adalah Mama….
Tahukah kamu, bahwa saat itu Papa memejamkan matanya dan menahan gejolak dalam batinnya,
Bahwa Papa sangat ingin mengikuti keinginanmu, Tapi lagi-lagi dia HARUS menjagamu?

Ketika saat seorang cowok mulai sering menelponmu, atau bahkan datang ke rumah untuk menemuimu, Papa akan memasang wajah paling cool sedunia…. :’)
Papa sesekali menguping atau mengintip saat kamu sedang ngobrol berdua di ruang tamu..
Sadarkah kamu, kalau hati Papa merasa cemburu?
Saat kamu mulai lebih dipercaya, dan Papa melonggarkan sedikit peraturan untuk keluar rumah untukmu, kamu akan memaksa untuk melanggar jam malamnya.
Maka yang dilakukan Papa adalah duduk di ruang tamu, dan menunggumu pulang dengan hati yang sangat khawatir…
Dan setelah perasaan khawatir itu berlarut – larut…
Ketika melihat putri kecilnya pulang larut malam hati Papa akan mengeras dan Papa memarahimu.. .
Sadarkah kamu, bahwa ini karena hal yang di sangat ditakuti Papa akan segera datang?
“Bahwa putri kecilnya akan segera pergi meninggalkan Papa”

Setelah lulus SMA, Papa akan sedikit memaksamu untuk menjadi seorang Dokter atau Insinyur.
Ketahuilah, bahwa seluruh paksaan yang dilakukan Papa itu semata – mata hanya karena memikirkan masa depanmu nanti…
Tapi toh Papa tetap tersenyum dan mendukungmu saat pilihanmu tidak sesuai dengan keinginan Papa

Ketika kamu menjadi gadis dewasa….
Dan kamu harus pergi kuliah dikota lain…
Papa harus melepasmu di bandara.
Tahukah kamu bahwa badan Papa terasa kaku untuk memelukmu?
Papa hanya tersenyum sambil memberi nasehat ini – itu, dan menyuruhmu untuk berhati-hati. .
Padahal Papa ingin sekali menangis seperti Mama dan memelukmu erat-erat.
Yang Papa lakukan hanya menghapus sedikit air mata di sudut matanya, dan menepuk pundakmu berkata “Jaga dirimu baik-baik ya sayang”.

Papa melakukan itu semua agar kamu KUAT…kuat untuk pergi dan menjadi dewasa.

Disaat kamu butuh uang untuk membiayai uang semester dan kehidupanmu, orang pertama yang mengerutkan kening adalah Papa.
Papa pasti berusaha keras mencari jalan agar anaknya bisa merasa sama dengan teman-temannya yang lain.

Ketika permintaanmu bukan lagi sekedar meminta boneka baru, dan Papa tahu ia tidak bisa memberikan yang kamu inginkan…
Kata-kata yang keluar dari mulut Papa adalah : “Tidak…. Tidak bisa!”
Padahal dalam batin Papa, Ia sangat ingin mengatakan “Iya sayang, nanti Papa belikan untukmu”.
Tahukah kamu bahwa pada saat itu Papa merasa gagal membuat anaknya tersenyum?

Saatnya kamu diwisuda sebagai seorang sarjana.
Papa adalah orang pertama yang berdiri dan memberi tepuk tangan untukmu.
Papa akan tersenyum dengan bangga dan puas melihat “putri kecilnya yang tidak manja berhasil tumbuh dewasa, dan telah menjadi seseorang”

Sampai saat seorang teman Lelakimu datang ke rumah dan meminta izin pada Papa untuk mengambilmu darinya.
Papa akan sangat berhati-hati memberikan izin..

Karena Papa tahu…..
Bahwa lelaki itulah yang akan menggantikan posisinya nanti.

Dan akhirnya….
Saat Papa melihatmu duduk di Panggung Pelaminan bersama seseorang Lelaki yang di anggapnya pantas menggantikannya, Papa pun tersenyum bahagia….
Apakah kamu mengetahui, di hari yang bahagia itu Papa pergi kebelakang panggung sebentar, dan menangis?
Papa menangis karena papa sangat berbahagia, kemudian Papa berdoa….
Dalam lirih doanya kepada Tuhan, Papa berkata: “Ya Allah tugasku telah selesai dengan baik….

Putri kecilku yang lucu dan kucintai telah menjadi wanita yang cantik….
Bahagiakanlah ia bersama suaminya…”

Setelah itu Papa hanya bisa menunggu kedatanganmu bersama cucu-cucunya yang sesekali datang untuk menjenguk…
Dengan rambut yang telah dan semakin memutih….
Dan badan serta lengan yang tak lagi kuat untuk menjagamu dari bahaya….
Papa telah menyelesaikan tugasnya….

 

Papa, Ayah, Bapak, atau Abah kita…
Adalah sosok yang harus selalu terlihat kuat…
Bahkan ketika dia tidak kuat untuk tidak menangis…
Dia harus terlihat tegas bahkan saat dia ingin memanjakanmu. .
Dan dia adalah yang orang pertama yang selalu yakin bahwa “KAMU BISA” dalam segala hal..

 

always love u my Dad

 

Program Login dan Input Nilai Rata-rata Menggunakan Java GUI

public class Login extends javax.swing.JFrame {

/** Creates new form Login */
public Login() {
super(“Please, login first by:hauliarifi”);
initComponents();
}

/** This method is called from within the constructor to
* initialize the form.
* WARNING: Do NOT modify this code. The content of this method is
* always regenerated by the Form Editor.
*/
@SuppressWarnings(“unchecked”)
// <editor-fold defaultstate=”collapsed” desc=”Generated Code”>
private void initComponents() {

jPanel1 = new javax.swing.JPanel();
jLabel1 = new javax.swing.JLabel();
jLabel2 = new javax.swing.JLabel();
jLabel3 = new javax.swing.JLabel();
nama = new javax.swing.JTextField();
login = new javax.swing.JButton();
pass = new javax.swing.JPasswordField();

setDefaultCloseOperation(javax.swing.WindowConstants.EXIT_ON_CLOSE);

jLabel1.setFont(new java.awt.Font(“Tahoma”, 1, 18)); // NOI18N
jLabel1.setText(“Sign In”);

jLabel2.setText(“User Name :”);

jLabel3.setText(“Password :”);

nama.addActionListener(new java.awt.event.ActionListener() {
public void actionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
namaActionPerformed(evt);
}
});

login.setText(“Login”);
login.addActionListener(new java.awt.event.ActionListener() {
public void actionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
loginActionPerformed(evt);
}
});

pass.addActionListener(new java.awt.event.ActionListener() {
public void actionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
passActionPerformed(evt);
}
});

javax.swing.GroupLayout jPanel1Layout = new javax.swing.GroupLayout(jPanel1);
jPanel1.setLayout(jPanel1Layout);
jPanel1Layout.setHorizontalGroup(
jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(jPanel1Layout.createSequentialGroup()
.addContainerGap()
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(jPanel1Layout.createSequentialGroup()
.addComponent(jLabel1)
.addGap(305, 305, 305))
.addGroup(jPanel1Layout.createSequentialGroup()
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addComponent(jLabel2)
.addComponent(jLabel3))
.addGap(18, 18, 18)
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.TRAILING, false)
.addComponent(nama, javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addComponent(pass, javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, 99, Short.MAX_VALUE)
.addComponent(login))
.addContainerGap())))
);
jPanel1Layout.setVerticalGroup(
jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(jPanel1Layout.createSequentialGroup()
.addGap(25, 25, 25)
.addComponent(jLabel1)
.addGap(27, 27, 27)
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.BASELINE)
.addComponent(jLabel2)
.addComponent(nama, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE))
.addPreferredGap(javax.swing.LayoutStyle.ComponentPlacement.UNRELATED)
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.BASELINE)
.addComponent(jLabel3)
.addComponent(pass, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE))
.addPreferredGap(javax.swing.LayoutStyle.ComponentPlacement.UNRELATED)
.addComponent(login)
.addContainerGap(42, Short.MAX_VALUE))
);

javax.swing.GroupLayout layout = new javax.swing.GroupLayout(getContentPane());
getContentPane().setLayout(layout);
layout.setHorizontalGroup(
layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(layout.createSequentialGroup()
.addContainerGap()
.addComponent(jPanel1, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, 227, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE)
.addContainerGap(javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, Short.MAX_VALUE))
);
layout.setVerticalGroup(
layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(layout.createSequentialGroup()
.addContainerGap()
.addComponent(jPanel1, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE)
.addContainerGap(javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, Short.MAX_VALUE))
);

pack();
}// </editor-fold>

private void namaActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
}

private void loginActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
if (nama.getText().equals(“admin”)&& pass.getText().equals(“hauliarifi”)){
NilaiRataRata n = new NilaiRataRata();
n.show();
dispose();
}
}

private void passActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
}

/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String args[]) {
/* Set the Nimbus look and feel */
//<editor-fold defaultstate=”collapsed” desc=” Look and feel setting code (optional) “>
/* If Nimbus (introduced in Java SE 6) is not available, stay with the default look and feel.
* For details see http://download.oracle.com/javase/tutorial/uiswing/lookandfeel/plaf.html
*/
try {
for (javax.swing.UIManager.LookAndFeelInfo info : javax.swing.UIManager.getInstalledLookAndFeels()) {
if (“Nimbus”.equals(info.getName())) {
javax.swing.UIManager.setLookAndFeel(info.getClassName());
break;
}
}
} catch (ClassNotFoundException ex) {
java.util.logging.Logger.getLogger(Login.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE, null, ex);
} catch (InstantiationException ex) {
java.util.logging.Logger.getLogger(Login.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE, null, ex);
} catch (IllegalAccessException ex) {
java.util.logging.Logger.getLogger(Login.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE, null, ex);
} catch (javax.swing.UnsupportedLookAndFeelException ex) {
java.util.logging.Logger.getLogger(Login.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE, null, ex);
}
//</editor-fold>

/* Create and display the form */
java.awt.EventQueue.invokeLater(new Runnable() {

public void run() {
new Login().setVisible(true);
}
});
}
// Variables declaration – do not modify
private javax.swing.JLabel jLabel1;
private javax.swing.JLabel jLabel2;
private javax.swing.JLabel jLabel3;
private javax.swing.JPanel jPanel1;
private javax.swing.JButton login;
private javax.swing.JTextField nama;
private javax.swing.JPasswordField pass;
// End of variables declaration

 

setelah login admin, maka program akan menghubungkan pada menginput nilai mahasiswa untuk mengetahui nilai rata-rata, grade nilai, juga kelulusannya

 
import javax.swing.JOptionPane;

/*
* To change this template, choose Tools | Templates
* and open the template in the editor.
*/

/*
* NilaiRataRata.java
*
* Created on Dec 5, 2011, 3:28:45 PM
*/
/**
*
* @author compaq
*/
public class NilaiRataRata extends javax.swing.JFrame {

/** Creates new form NilaiRataRata */
public NilaiRataRata() {
super (“Nilai Rata-rata Mahasiswa by:hauliarifi”);
initComponents();
}

/** This method is called from within the constructor to
* initialize the form.
* WARNING: Do NOT modify this code. The content of this method is
* always regenerated by the Form Editor.
*/
@SuppressWarnings(“unchecked”)
// <editor-fold defaultstate=”collapsed” desc=”Generated Code”>
private void initComponents() {

jPanel2 = new javax.swing.JPanel();
jPanel1 = new javax.swing.JPanel();
jLabel1 = new javax.swing.JLabel();
jLabel2 = new javax.swing.JLabel();
jLabel3 = new javax.swing.JLabel();
jLabel4 = new javax.swing.JLabel();
jLabel5 = new javax.swing.JLabel();
nama = new javax.swing.JTextField();
uts = new javax.swing.JTextField();
uas = new javax.swing.JTextField();
harian = new javax.swing.JTextField();
jScrollPane1 = new javax.swing.JScrollPane();
hasil = new javax.swing.JTextArea();
exit = new javax.swing.JButton();
input = new javax.swing.JButton();
reset = new javax.swing.JButton();

javax.swing.GroupLayout jPanel2Layout = new javax.swing.GroupLayout(jPanel2);
jPanel2.setLayout(jPanel2Layout);
jPanel2Layout.setHorizontalGroup(
jPanel2Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGap(0, 100, Short.MAX_VALUE)
);
jPanel2Layout.setVerticalGroup(
jPanel2Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGap(0, 100, Short.MAX_VALUE)
);

setDefaultCloseOperation(javax.swing.WindowConstants.EXIT_ON_CLOSE);

jLabel1.setFont(new java.awt.Font(“Tahoma”, 1, 18)); // NOI18N
jLabel1.setText(“Nilai Mahasiswa”);

jLabel2.setText(“Nama Mahasiswa :”);

jLabel3.setText(“Nilai UTS :”);

jLabel4.setText(“Nilai UAS :”);

jLabel5.setText(“Nilai Harian :”);

nama.addActionListener(new java.awt.event.ActionListener() {
public void actionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
namaActionPerformed(evt);
}
});

uts.addActionListener(new java.awt.event.ActionListener() {
public void actionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
utsActionPerformed(evt);
}
});

uas.addActionListener(new java.awt.event.ActionListener() {
public void actionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
uasActionPerformed(evt);
}
});

harian.addActionListener(new java.awt.event.ActionListener() {
public void actionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
harianActionPerformed(evt);
}
});

hasil.setColumns(20);
hasil.setRows(5);
jScrollPane1.setViewportView(hasil);

exit.setText(“Exit”);
exit.addActionListener(new java.awt.event.ActionListener() {
public void actionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
exitActionPerformed(evt);
}
});

input.setText(“Input”);
input.addActionListener(new java.awt.event.ActionListener() {
public void actionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
inputActionPerformed(evt);
}
});

reset.setText(“Reset”);
reset.addActionListener(new java.awt.event.ActionListener() {
public void actionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
resetActionPerformed(evt);
}
});

javax.swing.GroupLayout jPanel1Layout = new javax.swing.GroupLayout(jPanel1);
jPanel1.setLayout(jPanel1Layout);
jPanel1Layout.setHorizontalGroup(
jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(jPanel1Layout.createSequentialGroup()
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(jPanel1Layout.createSequentialGroup()
.addContainerGap()
.addComponent(jScrollPane1, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, 270, Short.MAX_VALUE))
.addGroup(jPanel1Layout.createSequentialGroup()
.addGap(109, 109, 109)
.addComponent(jLabel1))
.addGroup(jPanel1Layout.createSequentialGroup()
.addContainerGap()
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.TRAILING)
.addComponent(jLabel4)
.addComponent(jLabel3))
.addComponent(jLabel5)
.addComponent(jLabel2))
.addGap(18, 18, 18)
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addComponent(harian, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, 163, Short.MAX_VALUE)
.addComponent(uas, javax.swing.GroupLayout.Alignment.TRAILING, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, 163, Short.MAX_VALUE)
.addComponent(uts, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, 163, Short.MAX_VALUE)
.addComponent(nama, javax.swing.GroupLayout.Alignment.TRAILING, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, 163, Short.MAX_VALUE))))
.addGap(18, 18, 18)
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addComponent(reset, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, Short.MAX_VALUE)
.addComponent(exit, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, 61, Short.MAX_VALUE)
.addComponent(input, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, 61, Short.MAX_VALUE))
.addContainerGap())
);
jPanel1Layout.setVerticalGroup(
jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(jPanel1Layout.createSequentialGroup()
.addContainerGap()
.addComponent(jLabel1)
.addGap(27, 27, 27)
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.BASELINE)
.addComponent(jLabel2)
.addComponent(nama, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE))
.addPreferredGap(javax.swing.LayoutStyle.ComponentPlacement.UNRELATED)
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.BASELINE)
.addComponent(jLabel3)
.addComponent(uts, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE))
.addPreferredGap(javax.swing.LayoutStyle.ComponentPlacement.RELATED)
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.TRAILING)
.addComponent(jLabel4)
.addComponent(uas, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE))
.addGap(7, 7, 7)
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.TRAILING)
.addComponent(jLabel5)
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.BASELINE)
.addComponent(harian, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE)
.addComponent(input)))
.addPreferredGap(javax.swing.LayoutStyle.ComponentPlacement.RELATED)
.addGroup(jPanel1Layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.TRAILING)
.addGroup(jPanel1Layout.createSequentialGroup()
.addComponent(reset)
.addGap(18, 18, 18)
.addComponent(exit))
.addComponent(jScrollPane1, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, 105, Short.MAX_VALUE)))
);

javax.swing.GroupLayout layout = new javax.swing.GroupLayout(getContentPane());
getContentPane().setLayout(layout);
layout.setHorizontalGroup(
layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(layout.createSequentialGroup()
.addContainerGap()
.addComponent(jPanel1, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, Short.MAX_VALUE)
.addContainerGap())
);
layout.setVerticalGroup(
layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGroup(layout.createSequentialGroup()
.addContainerGap()
.addComponent(jPanel1, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, Short.MAX_VALUE)
.addContainerGap())
);

pack();
}// </editor-fold>

private void namaActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
}

private void utsActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
}

private void uasActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
}

private void harianActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
}

private void exitActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
int psn1 = JOptionPane.showConfirmDialog(null,”Anda yakin untuk keluar dari aplikasi?”);
if (psn1==JOptionPane.OK_OPTION){
System.exit(1);
}else {}
}

private void inputActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {

double UTS = Double.parseDouble(uts.getText());
double UAS = Double.parseDouble(uas.getText());
double Harian= Double.parseDouble(harian.getText());
double rata = (UTS+UAS+Harian)/3;
hasil.setText(String.valueOf(rata));

String i = “”;

if(rata > 85){
i = “Nilai A”;}
else if(rata > 75){
i =(“Nilai B”);}
else if(rata > 60){
i =(“Nilai C”);}
else if(rata <= 60){
i =(“Nilai D”);}

if (rata>60){
hasil.setText(“LULUS”);}
else if (rata<=60){
hasil.setText(“TIDAK LULUS”);}

hasil.setText(“Nama : ” + nama.getText()
+”\n” + “Nilai Rata-rata : ” + rata
+”\n” + “Grade : ” + i
+”\n” + “Hasil : ” + hasil.getText());
}

private void resetActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
nama.setText(null);
uts.setText(null);
uas.setText(null);
harian.setText(null);
hasil.setText(null);
}

/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String args[]) {
/* Set the Nimbus look and feel */
//<editor-fold defaultstate=”collapsed” desc=” Look and feel setting code (optional) “>
/* If Nimbus (introduced in Java SE 6) is not available, stay with the default look and feel.
* For details see http://download.oracle.com/javase/tutorial/uiswing/lookandfeel/plaf.html
*/
try {
for (javax.swing.UIManager.LookAndFeelInfo info : javax.swing.UIManager.getInstalledLookAndFeels()) {
if (“Nimbus”.equals(info.getName())) {
javax.swing.UIManager.setLookAndFeel(info.getClassName());
break;
}
}
} catch (ClassNotFoundException ex) {
java.util.logging.Logger.getLogger(NilaiRataRata.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE, null, ex);
} catch (InstantiationException ex) {
java.util.logging.Logger.getLogger(NilaiRataRata.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE, null, ex);
} catch (IllegalAccessException ex) {
java.util.logging.Logger.getLogger(NilaiRataRata.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE, null, ex);
} catch (javax.swing.UnsupportedLookAndFeelException ex) {
java.util.logging.Logger.getLogger(NilaiRataRata.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE, null, ex);
}
//</editor-fold>

/* Create and display the form */
java.awt.EventQueue.invokeLater(new Runnable() {

public void run() {
new NilaiRataRata().setVisible(true);
}
});
}
// Variables declaration – do not modify
private javax.swing.JButton exit;
private javax.swing.JTextField harian;
private javax.swing.JTextArea hasil;
private javax.swing.JButton input;
private javax.swing.JLabel jLabel1;
private javax.swing.JLabel jLabel2;
private javax.swing.JLabel jLabel3;
private javax.swing.JLabel jLabel4;
private javax.swing.JLabel jLabel5;
private javax.swing.JPanel jPanel1;
private javax.swing.JPanel jPanel2;
private javax.swing.JScrollPane jScrollPane1;
private javax.swing.JTextField nama;
private javax.swing.JButton reset;
private javax.swing.JTextField uas;
private javax.swing.JTextField uts;
// End of variables declaration
}